Friday 2 December 2016

Pertolongan Pertama Hardisk Rusak

Pertolongan Pertama pada Hardisk Rusak,.
nah pada kesempatan ini mimin akan berbagi pengalaman mengenai cara mengatasi hardisk rusak, tapi cara ini berlaku bagi yang mau uji coba,. cara ini berlaku buat harddisk laptop atopun harddisk pc
nah, kali ini mimin berbagi pengalaman bagi yang penasaran dan yang pengen tahu aja, klo udah tahu, ya syukur dah,. mudah mudahan ilmu yang diketahui bisa dibagi juga buat yang lain.

nah, bagi yang pengen tahu cara pertama memperbaiki harddisk rusak, yaitu dengan cara melakukan "KANIBAL" kanibal disini maksudnya menggabungkan 2 hardisk menjadi 1.
kondisi harddisk yang bisa di kanibal :
1. terdeteksi di bios tapi tidak bisa melakukan install ulang
2. harddisk berbunyi seperti piringan bergesekan
3. harddisk terdeteksi, tapi akses nya leleeeeeet banget, leletnya ga ketulungan
dan kasus sejenis nya :)

KANIBAL harddisk maksudnya gimana??
cara kanibal harddisk sangat murah dah simpel, yakni cuman membutuhkan 2 hardisk yang rusak dengan syarat :
1. harddisk yang akan dikanibal memiliki vendor yang sama (pabrikan dan merek) seperti sama2 vendor dari maxtor, hitaci, toshiba, seagate dll
2. ukuran harddisk harus sama, dalam artian ukuran pisik hardisk itu lo, bukan ukuran penyimpanannya- ukuran penyimpanan misal 320GB ato 500GB ga ngaruh. (harddisk pc harus sama harddisk pc, harddisk laptop juga sama harddisk laptop)
3. obeng yang sesuai dengan baut yang nemplok di head/board ato papan warna hijo yang nempel di punggung harddisk, biasanya baut yang nemplok adalah segi enam ada juga yang segi empat.
4. untuk memastikan harddisk bisa diakases nantinya, pastikan board ato papan yang nempel dipunggung harddisk mempunyai pola yang sama - biasa berwarna ijo bukan berwarna putih ato silver (klo putih ato silver pake tulisan itu mah depannya harddisk kali ) :v

setelah melakukan kanibalisme (KANIBAL), coba akses harddisk melalui bios, terdeteksi ato tidak
jika terdeteksi selamat, tinggal format ulang harddisk tersebut dah siap digunakan.

jika kanibal berhasil, dan pengen membuat harddisk yang dikanibal tersebut seperti baru dibeli tingaal dilakukan format faktory menggunakan teknik LLF (Low Level Format) yang bisa dibaca pada postingan berikutnya. :)


EmoticonEmoticon

Contributors